SOAL.
1.
Apa perbedaan antara sistem,
subsistem, dan super sistem?
Jawab :
·
Sistem
adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan
bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energy untuk mrcapai
suatu tujuan.
·
Subsistem adalah komponen yang koheren dan agak
imdepemdem dari sistem yang lebih besar. Subsistem merupakan komponen atau
bagian dari suatu sistem.
·
Super sistem adalah
sistem yang mempunyai hubungan lebih luas dari sistem.
2.
Sebutkan komponen utama sistem
operasi!
Jawab :
1.
Process Management: Proses yang terjadi di dalam
computer merupakan proses yang dilakukan oleh processor.
2.
Memory Management: Tempat pesinggahan atau tempat
sementara data dan atau informasi yang dibutuhkan prosessir yang nantinya akan
diteruskan ke dalam prosessor.
3.
Input Output Management: Berfungsi
sebagai tempat megatur input output yang terjadi dan sering disebut sebagai
device manager yang menyediakan devide driver agar perangkat yang digunakan
lebih efisien.
4.
File Management: Sistem operasi melakukan
tugas untuk mengatur file-file yang ada.
5.
Pretection System: Sebagai melindungi sumber
daya yang digunakan atau bisa dikatakan bahwa sistem operasi mengontrol sumber
daya yang digunakan.
6.
Networking: Jaringan akses sumber daya
ini digunakan untuk mempercepat komputasi, meningkatkan ketersediaan data,
peningkatan keandalan.
7.
Command Interpreter System: Digunakan
oleh sistem operasi satu dengan sistem operasi yang lain berada dan berdeviasi
disesuaikan dengan tujuan dan input output yang digunakan.
3.
Sebutkan
bidang – bidang akuntansi yang kamu ketahui ?
Jawab :
1. Akuntansi
Keuangan
Akuntansi Keuangan
adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam proses pencatatan
transaksi hingga penyajian dalam bentuk laporan keuangan.
2.
Akuntansi Biaya
Akuntansi Biaya adalah
bidang akuntansi yaang berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan
pengendalian biaya produksi
3. Akuntansi
Anggaran
Akuntansi Anggaran
adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan anggara perusahaan
dan kemudian membandingkannya dengan realisasinya agar dapat dijadikan sebagai
bahan evaluasi.
4. Akuntansi
Pemeriksaan
Akuntansi Pemeriksaan
adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri padapemeriksaan catatan –
catatan akuntansi secara bebas.
5. Akuntansi Manajemen
Akuntansi Manajemen
adalah bidang akuntansi yang melakukan pengembangan dan penafsiran untuk
membantu manajemen dalam mengperasikan perusahaan.
6. Akuntansi
Perpajakan
Akuntansi Perpajakan
adalah bidang akuntansi yang bertugas melakukan persiapan data yang digunakan
untuk perhitungan pajak.
7. Akuntansi
Pemerintahan
Akuntansi Pemerintahan
adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam penyajian laporan
keuangan dari transaksi – transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.
8. Sistem
Akuntansi
Sistem akuntansi adalah
bidang akuntansi yang melakukan perencanaan prosedur pencatatan,
pengikhtisaran, dan data pelaporan keuangan.
9. Akuntansi pendidikan
Akuntansi Pendidikan
adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan akuntansi
dalam rangka menyebarkan ilmu akuntansi.
10. Akuntansi
Perbankan
4.
Apa
pengertian dari SIA dan jelaskan peran SIA dalam Rantain nilai?
Jawab:
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah Suatu
kompoen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa
dan mengkomunikasikan informasi financial dan pengambilan keputusan yang
relevan bagi pihakk luar perusahaan dan pihak ekstern.
Peran SIA dalam Rantai Nilai:
·
Inbound Logistics
Terdiri dari
penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh
organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
·
Operasi
(Operations)
Aktivitas-aktivitas
yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
·
Outbound
Logistics
Aktivitas-aktivitas
yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
·
Pemasaran
dan Penjualan
Aktivitas-aktivitas
yang berhubungan dengan membantu para pelanggan muntuk membeli jasa atau produk
yang dihasilkan organisasi.
·
Pelayanan
(Service)
Memberikan
dukungan pelayanan jual kepada pera pelanggan.
5. Jelaskan 5 alasan mengapa
seseorang perlu belajar sistem informasi akuntansi!
Jawab:
1.
Karena informasi sangat
dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.
2.
SIA digunakan untuk melakuukan
control terhadap asset yang dimiliki organisasi tersebut.
3.
Menyiapkan data-data keuangan
dan non keuangan untuk menjadi informasi yang akurat guna pengambilan
keputusan.
4.
Keterampilan (skill) dalam
bidang sistem informasi akuntansi penting dalam mendukung keberhasilan karir.
5.
Sistem informasi akuntansi
merupakan bagian fundamental dalam pendidikan akuntansi.
6. Sebutkan beberapa kriteria informasi akuntansi agar
dikatakan berkualitas?
Jawab:
1.
Perbandingan antara manfaat
dan biaya.
2.
Dapat dimengerti
3.
Relevan
4.
Dapat diuji
5.
Netral
6.
Menyajikan yang seharusnya
7.
Nilai prediksi
8.
Feedback (umpan balik)
9.
Tepat waktu
10.
Dapat dibandingkan atau
konsisten.
7. Coba
sebutkan beberapa tujuan umum sistem akuntansi?
Jawab:
1.
Untuk mendukung fungsi
kepengurusan manajemen suatu organisasi/perusahaan, Karen manajemen bertanggung
jawab untuk menginfoormasikan pengaturan dan penggunaan sumber daya organisasi
dalam ranggka pencapaian tujuan organisasi tersebut
2.
Untuk mendukung pengambilan
keputusan manajemen, karena sistem informasi memberikan informasi yang
diperlukan oleh pihak manajemen untuk melakukan tanggung jawab pengambilan
keputusan.
3.
Untuk mendukung kegiatan
operasi perusahaan hari demi hari. Sistem informasi membantu personil
operasional untuk berkerja lebih efektif dan efisien.
8. Tolong
tuliskan beberapa pihak eksternal dan internal yang memerlukan informasi akuntansi?
Jawab :
a. Pihak internal:
Manajer
Pimpinaan perusahaan membutuhkan informasi akuntansi
mengambil berbagai kebijaksanaan dan keputusan dalam menjalankan perusahaan.
Disamping itu informasi akuntansi juga merupakan bentuk laporan
pertanggungjawaban pimpinan perusahaan kepada pemilik.
Karyawan
Karyawan memerlukan informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan disamping kemampuan perusahaan untuk memberikan balas jasa, manfaat pensiun dan kesempatan kerja.
Karyawan memerlukan informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan disamping kemampuan perusahaan untuk memberikan balas jasa, manfaat pensiun dan kesempatan kerja.
b.
Pihak eksternal
Investor
Mereka membutuhkan informasi untuk membantu menentukan apakah membeli, manahan atau menjual investasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
Mereka membutuhkan informasi untuk membantu menentukan apakah membeli, manahan atau menjual investasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
Pemberi pinjaman
Pemberi pinjaman tertarik dengan informasi keuangan untuk memutuskan apakah pinjaman dan bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.
Pemberi pinjaman tertarik dengan informasi keuangan untuk memutuskan apakah pinjaman dan bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.
Pemasok dan kreditor lainnya
Mereka tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.
Mereka tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.
Pelanggan
Para pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenasi kelangsungan hidup perusahaan terutama bila terlibat dalam perjanjian dengan perusahaan.
Para pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenasi kelangsungan hidup perusahaan terutama bila terlibat dalam perjanjian dengan perusahaan.
Pemerintah
Mereka membutuhkan informasi untuk mengatur aktifitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar penyusunan statistik.
Mereka membutuhkan informasi untuk mengatur aktifitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar penyusunan statistik.
Masyarakat
Masyarakat dapat mengetahui kontribusi perusahaan dalam perekonomian nasional, trend dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktifitasnya.
Masyarakat dapat mengetahui kontribusi perusahaan dalam perekonomian nasional, trend dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktifitasnya.
9.
Jelaskan 7 karakteristik informasi yang bermanfaat bagi pembuatan
keputusan!
Jawab:
1. Usefulness (Berguna)
Sistem
harus menghasilkan suatu informasi yang berguna, artinya informasi yang
dihasilkan harus sesuai denga yang dibutuhkan dan tepat waktu sehingga berguna
bagi pengambilan keputusan.
2. Economy (Ekonomi)
Seluruh
komponen dari sistem harus bersifat ekonomis, artinya sistem harus mampu
memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang
dikeluarkan untukpengadaan sistem tersebut.
3. Reliability (Andal)
Produk
dari suatu sistem harus bias diandalkan dan informasiyang dihasilkan mempunyai
tingkat ketelitian yang tinggi,sehingga keputusan yang dihasilkan benar-benar
keputusan yangtepat sesuai dengan apa yang dihasikan sistem
4. Customers Service (Pelayanan konsumen)
Sistem
harus mampu memberikan pelayanan yang baik danefisien kepada pelanggan sehingga
mampu memberikan kepuasanakan meningkatkan nilai perusahaan dan mampu
memberikan kontribusi positif terhadap kenaikan laba.
5. Capacity (Kapasitas)
Kapasitas
suatu sistem harus memadai untuk menghadapi operasi pada kapasitas penuh (full
capacity) seperti halnya pada saat operasi berjalan normal.
6. Simplicity (Sederhana)
Sistem
harus sederhana sehingga semua struktur dan operasinya dapat dimengerti, serta
semua prosedurnya dapat diikuti dengan mudah dan tidak akan membingungkan
pemiliknya.
7. Flexibility (luwes)
Sistem
harus bersifat fleksibel atau luwes dalam menampung dan menghadapi semua
perubahan yang terjadi didalam maupun diluar organisasi sehingga menghasilkan
informasi perencanaan dan pengendalian.
10.
Sebut
dan
jelaskan komponen-komponen sistem informasi
akuntansi!
Jawab:
1.
Komponen input
Input mewakili
data yang masuk kedalam sistem informasi. Input ini termasuk metode dan media
untuk menangkap data yang akan dimasukan.
2.
Komponnen model
Komponen
ini terdiri dari kombinnasi prosedur, logika dan model matematik yang akan
memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data.
3.
Komponen output
Komponen
ini hasil dari sitem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang
berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai intern.
4.
Komponen
teknologi
Tenologi
merupakan tool box dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima
input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan
mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5.
Komponen
hardware
Suatu media
penyimpanan vital bagi sistem informasi, yang berfungsi sebagai tempat untuk
menampunng database.
6.
Komponen
software
Sebagai
tempat untuk mengolah, menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari
hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7.
Komponen basis
data
Merupakan kumpulan
data yang saling berkaitan ddan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di
perangkat keras computer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
8.
Komponen control
Pengendalian
perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat
merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan
dapat langsung diatasi.
11.
Bagaimana
cara pengambilan keputusan dalam SIA?
Jawab:
Ada lima langkah dalam proses pengambilan keputusan :
1. Identifikasi dan Diagnosa masalah
2. Pengumpulan dan Analisis data yang relevan
3. Pengembangan dan Evaluasi alternative
alternative
4. Pemilihan Alternatif terbaik
5.
Implementasi keputusan dan Evaluasi terhadap hasil-hasil
12.
Apa manfaat computer
dalam Sistem Informasi akuntansi?
Jawab:
1.
Komputer dapat
menegcek kebenaran maupun kelayakan angka-angka yang menjadi input dalam suatu
proses.
2.
Computer
memungkinkan untuk dilakukannya pensortiran data ke dalam beberapa klasifikasi
ysng berada dengan cepat.
3.
Computer dapat
meindahkan lokasi data dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan cepat.
4.
Perhitungan-perhitungan
dapat dilkukan dengan cepat.
13.
Sebutkan dan Jelaskan
Siklus akuntansi ?
Jawab:
1.
Tahap Pencatatan dan Penggolongan
Tahap
pertama yang dilalui dalam proses akuntansi adalah tahap pencatatan dan
penggolongan. Kegiatan-kegiatan yang termasuk jdalam tahap ;pencatatan dan
penggolongan antara lain:
a. Penyusunan atau pembuatan bukti-bukti pembukuan atau bukti
transaksi, baik transaksi internal maupun transaksi eksternal.
b. Pencatatan ke dalam jurnal, baik jurnal umum maupun jurnal
khusus.
c. Posting atau pencatatan kebuku besar, baik kebuku besar utama
maupun buku besar pembantu.
2.
Tahap Pengikhtisaran/Peringkasan
Tahap
yang harus dilalui setelah melakukan pencatatan dan penggolongan yaitu tahap
pengikhtisaran/peringkasan. Pada tahap pengikhtisaran/peringkasan, meliputi
kegiatan-kegiatan berikut ini:
a. Penyusunan neraca saldo, yang datanya bersumber dari
saldo-saldo yang ada pada buku besar.
b. Penyusunan jurnal penyesuaian, untuk menyesuaikan dengan
keadaan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode, dan penyusunan kertas
kerja/neraca lajur yang bertujuan untuk mempermudah penyusunan laporan
keuangan.
3.
Tahap Pelaporan dan Penganalisaan
Tahap
terakhir yang harus dilalui yaitu tahap pelaporan dan penganalisaan. Adapun
tahap pelaporan dan penganalisaan meliputi kegiatan-kegiatanberikut ini:
a.
Penyusunan
laporan keuangan, yang terdiri atas laporan laba/rugi, laporan perubahan modal,
neraca, dan laporann arus kas.
b.
Pembuatan
analisa laporan keuangan digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi, baik
untuk perkembangan usaha maupun penambahan investasi.
14.
Jelaskan
definisi dari Database (basis data)!
Jawab:
Database (basis data) adalah Kumpulan data yang disimpan secara sistematis
di dalam computer yang dapat diolah atau dimananipulasi menggunakan perangkat
lunak untuk menghasilkan informasi.
15.
Jelaskan
perbedaan antara data dan
informasi!
Jawab:
Ø
Data
adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang
tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari
itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima
oleh penerima.
Ø
Informasi
adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran
penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Dari definisi dan contoh diatas dapat disimpulkan
perbedaan data dan informasi yaitu :
16.
Sebutkan langkah langkah analisis
sistem?
Jawab:
Langkah-langkah dasar yang harus
dilakukan oleh analis sistem, sebagai berikut :
1.
Identify, yaitu
mengidentifikasikan masalah.
2.
Understand, yaitu
memahami kerja dari sistem yang ada.
3.
Analyze,
menganalisis sistem.
4.
Report, yaitu
membuat laporan hasil analisis.
17.
Jelaskan
tiga jenis keputusan yang dibuat oleh
manajemen!
Jawab:
a.
Keputusan tidak terstruktur (non
programmed decision)
Adalah keputusan yang sifatnya adalah tidak terjadi berulang-ulang dan
tidak selalu terjadi. Keputusan ini dilakukan oleh manajemen tingkat atas (top
manajer).
b.
Keputusan setengah terstruktur
(semi programmed decision)
Adalah keputusan yang dapat deprogram. Keputusan tersebut masih
membutuhkan pertimbangan-pertimbangan dari si pengambil keputusan. Keputusan
seperti ini sifatnya rumit dan membutuhkan perhitungan-perhitungan secara
analisis yang rinci.
c.
Keputusan terstruktur (programmed
decision)
Adalah keputusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan, atau prosedur.
Keputusan-keputusan yang duhasilkan sifatnya rutin dan berulang-ulang.
18.
Jelaskan
beberapa jenis sistem informasi yang biasa nya digunakan oleh
manajemen untuk
menghasilkan
informasi guna mendukung
proses pembuatan keputusan!
Jawab:
a. Sistem Informasi Menurut Level Organisasi
Berdasarkan
level organisasi, sistem informasi dikelompokkan menjadi :
· Sistem Informasi Departemen
Sistem
informasi departemen adalah sistem informasi yang hanya di gunakan dalam sebuah
depatermen.
· Sistem Informasi Perusahaan
Sistem
informasi perusahaan merupakan sistem informasi yang tidak terletak pada
masing masing departemen, melainkan berupa sebuah sistem terpadu yang
dapat dipakai oleh sejumlah entitas
· Sistem Informasi Antarorganisasi
Sistem
informasi antarorganisasi merupakan jenis system informasi yang menghubung kan
dua organisasi atau lebih.
b. Sistem Informasi Area Fungsional
Sistem
informasi fungsional adalah sistem informasi yang di tujukan untuk memberikan
informasi bagi kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam
perusahaan. Beberapa sistem informasi fungsional yang umum adalah sebagai
berikut:
· Sistem Informasi Akuntansi (
Accounting Information System )
Sistem
informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi akuntansi
(Departemen/bagian Akuntansi) yang mencakup semua transaksi yang berhubungan
dengan keuangan dalam perusahaan .
· Sistem Informasi Keuangan ( Finance Information System)
Sistem
informasi yang menyediakan informasi pada fungsi keuangan yang menyangkut
keuangan perusahaan.
· Sistem Manufaktur ( Manufacturing/Production Information
System)
Sistem
informasi yang bekerja sama dengan SI lain untuk mendukung manajemen perusahaan
(perencanaan maupun pengendalian) dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan produk atau jasa yang dihasilkan.
c. Sistem Informasi Berdasarkan Dukungan Yang Tersedia
Berdasarkan
dukungan yang diberikan kepada pemakai, sistem informasi yang digunakan pada
semua area fungsional dalam organisasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
· Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System atau
TPS)
Merupakan
jenis Sistem Informasi yang pertama kali diimplementasikan .Fokus utamanya
adalah pada data transaksi yang digunakan untuk menghimpun, menyimpan, dan
memproses data transaksi
· Sistem Informasi Manajemen (Management Information System atau MIS)
Sistem
Informasi Manajemen ini menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung
operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
19.
Apa
yang dimaksud dengan e-Business dan sebutkan faktor-faktor keberhasilan
e-Business!
Jawab:
§
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan
secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan
internet.
§ Faktor-faktor
keberhasilan E-Business :
Terdapat dua
faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam
e-business.
1. Faktor
pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas
strategi keseluruhan perusahaan.
2. Faktor kedua
adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga
karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
Validitas, Integritas, dan Privasi.
20.
Jelaskan manfaat dan pertimbangan
penggunaan komputer dalam pengembangan SIA?
Jawab:
§
Pertimbangan utama adalah
pertimbangan cost dan benefit
a. Penggunaan
komputer merupakan sebuah investasi besar bagi sebuah perusahaan dan alokasi
waktu, tenaga dan sumber daya yang tidak sedikit
b. Permasalahan
muncul ketika cost yang berbentuk sebagai biaya sukar diukur dalam ukuran
kuantitatif
c. Perusahaan
harus tahu benar manfaat digunakannya komputer aladah data data yang benar
diperlukan dalam rangka menghasilkan informasi untuk kepentingan perusahaan
§
Manfaat :
a. Program
komputer untuk akuntansi memudahkan pencatatan transaksi untuk operator
b. Untuk
menjalankan program dan melakukan pemasukan data orang/operator yang
diotorisasi untuk itu diberi kode khusus agar dapat membuka file akuntansi dan
melakuakan pencatatan transaksi tertentu
c. Setiap
langkah dalam siklus akuntansi (penjurnalan, pengakuan dan penyusunan daftar
saldo) dilakukan dengan mengikuti intruksi yang langsung dapat dilihat pada
layar monitor, intruksi tersebut ditampikan dalam bentuk menu yang menyajikan
daftar yang dapat dipilih sesuai yang dikehendaki.
21.
Bagaimana
pengaruh e-Business dalam perusahaan?
Jawab:
•
Pembeli dan dalam
konteks Inbound Logistic.
Dunia internet dapat meningkatkanaktifitas pembeli dengan
cara mempermudah perusahaan dalam mengidentifikasicalon pemasok dan
membandingkan harganya. Data mengenai pembelian yangdilakukan disub unit
organisasi yang berbeda sekarang ini dapat disentralisasikan,sehingga dapat
memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian totaldiseluruh dunia atas
berbagai produknya.
•
Operasi internal perusahaan,
sumber daya manusia, dan infrastuktur perusahaan.Teknologi komunikasi tingkat
lanjut dapat secara signifikan dapat meningkatkaneffisiensi operasi internal
perusahaan. Peningkatan akses keinformasi dapat secarasignifikan meningkatkan
perencanaan perusahaan. Pada sumber daya manusia,aktifitas ini dapat mendukung
untuk effisiensi dan efektifitas dalam semua aktifitasutama.
•
Outbound Logistic. Merupakan akses
yang tepat waktu dan akurat atas informasi rincitentang pengiriman barang yang
memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasimelalui cara pengiriman
gabungan kepara pelanggannya yang lokasinya berdekatansatu dengan yang lainnya.
Jika informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan,maka dapat membantu
pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggung.
•
Penjualan dan Pemasaran.
Organisasi/perusahaan dapat menciptakan katalogelektronik diwebsite mereka
untuk mengotomatisasikan proses input pesanan penjualan.
Kehandalan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya saja, tetapi juga dapat secara signifikanmengurangi jumlah staff dengan cara meniadakan/menghilangkan
telepon, surat-menyurat dan/atau pengiriman fax.
•
Pelayanan dan dukungan Purnajual.
Dalam e-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan
purnajual ke semua para pelanggannya
22.
Sebutkan
model-model e-Business dan jelaskan!
Jawab:
Model-Model e-Business :
1.
B2C
(Business to Consumers). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
individu dan organisasi.
2.
B2B
(Business to Business). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
organisasi dengan organisasi (antar organisasi).
3.
C2C
(Consumer-to-consumer). Interaksi dimana konsumen menjual produk secara
langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk, jasa,
pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified ads.
Contohnya meliputi www.bekas.com danwww.classified2000.com.
4.
C2B
(Consumer-to-business). Interaksi yang meliputi individu yang menjual produk
atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi
dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
5.
Non-business
electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti lembaga
pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan
instansi pemerintah. Contohnya, www.bappenas.go.id, www.bps.go.id,
www.komnas.go.id, www.bppt.go.id. Umumnya organisasi non bisnis menggunakan
berbagai tipe e-commerce atau e-business untuk keperluan menekan biaya atau
meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.
6.
Intrabusiness
(organizational) electronic commerce meliputi semua aktivitas internal
organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet dan meliputi pertukaran barang,
jasa atau informasi.
23.
Apa
yang dimaksud dengan proses bisnis?
Jawab:
Proses Bisnis adalah umpulan aktivitas
atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu
masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan
tertentu).
24.
Apa
yang dimaksud dengan model Data REA? Dan sebutkan jenis-jenis entitas!
Jawab:
Ø
Model REA adalah sebuah framework akuntansi untuk memodelkan
resources, events, dan agents yang penting dalam suatu organisasi dan membuat
garis hubungan/keterkaitan diantara ketiganya. Tidak seperti dalam sistem
akuntansi tradisional, sistem REA membolehkan baik data akuntansi dan
nonakuntansi untuk diidentifikasi, diambil, dan disimpan dalam database yang
terpusat.
Ø
Jenis-jenis Entitas
1.
Sumber daya yang di dapat dan di
pergunakan oleh organisasi
Sumber daya adalah hal-hal yang
memiliki nilai ekonomi bagi organisasi
2.
Kegiatan atau aktivitas bisnis yang
di lakukan oleh organisasi
Merupakan berbagai aktivitas
bisnis yang informasinya ingin di kumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan
dan pengendalian.
3.
Pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut
Pelaku adalah orang-orang dan
organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin di dapatkan
untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi.
25.
Tolong jelaskan bentuk pokok SIA?
Jawab:
·
Mengumpulkan dan memproses data
tentang kegiatan organisasi bisnis secara efisiensi dan efektif.
·
Menghasilkan informasi yang berguna
untuk pembuatan keputusan.
·
Melakukan penguasaan yang memadai.
26.
Tolong jelaskan prosedur pengelolaan
data.
Jawab:
·
Input : Di
dalam langkah ini data awal, atau data input, disiapkan dalam beberapa bentuk
yang sesuai untuk keperluan pengolahan. Bentuk tersebut akan bergantung pada
pengolahan mesin.
·
Proses : Pada
langkah ini data input diubah, dan biasanya dikombinasikan dengan informasi
yang lain untuk menghasilkan data dalam bentuk yang lebih dapat digunakan.
Langkah pengolahan ini biasanya meliputi sederet operasi pengolahan dasar
tertentu.
·
Output : Pada
langkah ini hasil-hasil dari pengolahan sebelumnya dikumpulkan. Bentuk data
output tergantung pada penggunaan data tersebut unutk pengolahan selanjutnya.
27.
Apa
yang dimaksud dengan EDI dan sebutkan keuntungan dari Electronic Data
Interchange (EDI)?
Jawab:
Ø
Electronic
Data Interchange (EDI) adalah pertukaran data bisnis atau
transaksi secara elektronnik melalui
satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya.
Ø Keuntungan dari Electronic
Data Interchange (EDI) :
•
Pertukaran
informasi data dapat dilakukan antar aplikasi sehingga tidak perlu re –entry
data dari sisi penerima dan tidak diperlukan proses printing dari sisi pengirim.
•
Penyampaian
atau penerimaan informasi dari dokumen lebih cepat dan aman, sehingga pelayanan
dapat segera diperoleh tanpa perlu datang ke kantor pabean.
•
Meningkatkan
pelayanan kepada pelanggan dengan mendukung terbentuknya electronic trading dan
EDI merupakan pertukaran data elektronik yang telah disepakati.
•
Meningkatkan
efektifitas dan efisiensi perusahaan dalam alur dokumen informasi.
28.
Tolong jelaskan apa yang dimaksut
dengan dokumen transaksi serta jelaskan fungsi dan kegunaannya!
Jawab:
Dokumen transaksi atau bukti transaksi atau bisa juga disebut
bukti akuntansi adalah dokumen-dokumen dasar transaksi (baik yang dibuat
sendiri maupun yang berasal dari pihak luar) yang digunakan sebagai sumber
pencatatan atau penyusunan laporan keuangan oleh suatu unit usaha. Bentuk bukti
transaksi keuangan dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
· Bukti transaksi intern, yaitu bukti transaksi
yang berasal dan dilakukan di dalam lingkungan perusahaan itu sendiri.
· Bukti transaksi ekstern, yaitu bukti transaksi
yang melibatkan pihak luar perusahaan.
Fungsi dan kegunaann Dokumen Transaksi
· Alat komunikasi
· Bukti dari apa yang kita kerjakan / lakukan.
· Data pendukung apabila ada masalah.
· Data pendukung untuk sebuah proses
29.
Tolong jelaskan dan sebutkan hal-hal
atau tahap-tahap yang dilakukan dalam perencanaan dokumen.
Jawab:
a. Pertimbangan Umum
· Pertimbangan bobot dan kualitas sesuai dengan
pemakaian dokumen
· Formating dan ukuran standar untuk keperluan
pengarsipan, penjilitan dan pengiriman
· Warna kertas yang berbeda untuk tembusan
dokumen agar mudah pendistribusiannya
· Ringkasan tata cara pengisian dokumen
b. Bagian pembuka atas dokumen
· Nama dokumen di tempat paling atas dan dicetak
tebal
· Cantumkan nomor urut dokumen
· Dokumen untuk pihak eksternal nama dan alamat
perusahaan dicantumkan pada bagian atas dokumen
c. Bagian isi
· Informasi yang logis dikumpulkan menjadi satu
· Sediakan ruang yang cukup untuk merekam data
barang yang dipesan
· Urutkan data sesuai urutan standar
d. Bagian bawah
Sediakan
ruang yang cukup untuk mencantumkan disposisi tanda tangan atau persetujuan
mencantumkan nilai total transaksi dan menjelaskan distribusi dokumen
30.
Tolong jelaskan apa yang dimaksud
aplikasi siklus pendapatan? berikan
contohnya!
Jawab:
Siklus pendapatan memproduksi transaksi yang mencatat empat pristiwa ekonomi :
permintaan barang dan jasa oleh pelanggan, pengiriman barang atau jasanya,
permintaan pembayaran dan tanda terima pembayaran.
Contohnya:
a. Aplikasi entri pesanan
b. Aplikasi pengiriman
c. Aplikasi penyusunan rekening
d. Aplikasi tanda tangan terima kas
31.
Tolong sebutkan dan jelaskan jenis
jenis kode rekening!
Jawab:
a.
Squential code (code urut) yaitu kode yang dibuat urut karena dokumen
atau objek yang diberi kode akan dikontrol dan diawasi berdasarkan urutannya
contoh: kode urut cek:
b.
Block code (kode blok) disebut kode blok karena kode diklarifikasikan
ke dalam beberapa blok dan setiap blok di gunakan untuk memberi kode sekelompok
objek tertentu
Jenis kode rekening :
· Kode grup dalam kode grup setiap angka mempresentasikan objek tertentu
contoh 1 = aktiva, 11 = aktiva lancar.
· Kode kombinasi adalah kode yang dibuat dengan mengkombinasikan huruf dan angka
contoh AL = 1= aktiva lancar
32.
Ada 3 cara yang dilakukan untuk
pendekatan dokumen dalam transaksi, tolong sebutkan dan jelaskan bedanya!
Jawab:
a. Sistem Flowchart
Merupakan
sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma
atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan.
b. Data Flow Diagram
adalah
suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data
sistem.
c. Entity Relationship Diagram (ERD)
Merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam
basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar
relasi
33.
Tolong gambarkan 4 simbol yang ada
untuk data flow diagram (DFD)!
Jawab:
DFD Symbols
DFD meliputi 4 simbol: proses,
sources/sinks, data stores, data flow lines
34.
Bagaimana
cara pengambilan keputusan dalam SIA?
Jawab:
Ada lima langkah dalam proses pengambilan keputusan:
1. Identifikasi dan Diagnosa masalah
2. Pengumpulan dan Analisis data yang relevan
3. Pengembangan dan Evaluasi alternative
alternative
4. Pemilihan Alternatif terbaik
5. Implementasi keputusan dan Evaluasi terhadap
hasil-hasil
35.
Bagaimana
cara penjualan dan pemasaran e-Business?
Jawab:
Cara penjualan dan pemasaran e-business dapat
didorong dengan aktivitas promosi online melalui internet. Cara ini dapat
membantu untuk meningkatkan penjualan, karena semakin sering dipromosi maka
makin besar kemungkinan untuk orang mengetahui apa yang ditawarkan dan sangat
memungkinkan terjadinya penjualan. Ada beberapa media online yang dapat
digunakan untuk penjualan dan pemasaran yaitu : Iklan, Forum Online, Facebook
Commerce, dan lain-lain.
36.
Apa
yang dimaksud dengan pengendalian internal?
Jawab :
Pengendalian intern ialah suatu proses yang dipengaruhi
oleh dewan komisaris, manajemen, dan personil satuan usaha lainnya,
yang dirancang untuk mendapat keyakinan memadai tentang pencapaian
tujuan dalam hal-hal berikut: keandalan pelaporan keuangan, kesesuaian
dengan undang-undang, dan peraturan yang berlaku, efektifitas dan
efisiensi operasi.
37.
Sebutkan aktivitas aktivitas dalam siklus pengeluaran!
Jawab:
a. Memesan barang , persediaan, dan jasa
b. Menerima dan menyimpan barang, persediaan, dan
jasa
c. Membayar untuk barang, persediaan, dan jasa
38.
Apa
itu COSO, tolong di Jelaskan dan sebutkan 5 komponen dalam COSO!
Jawab:
Committee of Sponsoring Organization of The
Treadway Commission (COSO)
Merupakan komite yang dibentuk oleh organisasi – organisasi profesi
di Amerika, antara lain AICPA, Financial Executives Association, Institute of
Management Accountants (IMA), Institute of Internal Auditors (IIA) and American
Accounting Association (AAA). Pada tahun 1992, COSO mengeluarkan definisi
tentang pengendalian internal. COSO mendefinisikan pengendalian internal
sebagai suatu proses yang melibatkan dewan komisaris, manajemen, dan personil
lainnya, yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang
pencapaian tujuan dengan kategori berikut, yaitu efektivitas dan efisiensi
operasi, keandalan pelaporan keuangan, kepetuhan terhadap hukum dan ketentuan
yang berlaku.
Lima Komponen dalam COSO
1.
Control Environment
Tindakan
atau kebijakan manajemen yang mencerminkan sikap manajemen puncak secara
keseluruhan dalam pengendalian manajemen. Yang termasuk dalam control
environment:
·
Integrity and ethical values (integritas dan nilai etika)
·
Commitment to competence (komitmen terhadap kompetensi)
·
Board of Directors and audit committee (dewan komisaris dan komite
audit)
·
Management’s philosophy and operating style (filosofi manajemen dan
gaya mengelola operasi)
·
Organizational structure (struktur organisasi)
·
Human resource policies and procedures (kebijakan sumber daya
manusia dan prosedurnya)
2.
Risk Assessment
Tindakan
manajemen untuk mengidentifikasi, menganalisis risiko-risiko yang relevan dalam
penyusunan laporan keuangan dan perusahaan secara umum. Yang termasuk dalam
risk assessment:
·
Company-wide objectives (tujuan perusahaan secara keseluruhan)
·
Process-level objectives (tujuan di setiap tingkat proses)
·
Risk identification and analysis (indentifikasi risiko dan
analisisnya)
·
Managing change (mengelola perubahan)
3.
Control Activities
Tindakan-tindakan
yang diambil manajemen dalam rangka pengendalian intern. Yang termasuk control
activities:
·
Policies and procedures (kebijakan dan prosedur)
·
Security (application and network) –> (keamanan dalam hal
aplikasi dan jaringan)
·
Application change management (manajemen perubahan aplikasi)
·
usiness continuity or backups (kelangsungan bisnis)
·
Outsourcing (memakai tenaga outsourcing)
4.
Information and Communication
Tindakan
untuk mencatat, memproses dan melaporkan transaksi yang sesuai untuk menjaga
akuntablitas. Yang termasuk komponen ini adalah sebagai berikut.
·
Quality of information (kualitas informasi)
·
Effectiveness of communication (efektivitas komunikasi)
5.
Monitoring
Peniilaian
terhadap mutu pengendalian internal secara berkelanjutan maupun periodik untuk
memastikan pengendalian internal telah berjalan dan telah dilakukan penyesuian
yang diperlukan sesuai kondisi yang ada. Yang termasuk di dalam komponen ini,
yakni:
·
On-going monitoring (pengawasan yang terus berlangsung)
·
Separate evaluations (evaluasi yang terpisah)
·
Reporting deficiencies (melaporkan kekurangan-kekurangan yang
terjadi
39.
Tolong
berikan contoh diagram REA!
Jawab:
Contoh
Diagram REA
40.
Sebutkan
tiga dasar dalam konfigurasi LAN?
Jawab:
a.
Local
Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal
Local
area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya
mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
b.
Metropolitan
Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Metropolitan
area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan
dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan
berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan
MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga
50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar
kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang
berada dalam jangkauannya.
c.
Wide
Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam
bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup
area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau
bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang
membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk
menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain,
sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan
pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar